Rabu, 23 Mei 2012

Pelet, pakan kelinci bernutrisi

"Nyam nyam ini dia makanan kesukaanku"


Ini adalah pelet khusus kelinci
Kelinci kami diberi makan ini, makanan padat yang juga mengandung nutrisi penting bagi kelinci. Sebelumnya, kinta dan manis hanya kami beri makan sayuran seperti wortel, kol, kangkung, sawi. Tapi repotnya, tiap hari mesti cari sayur,,dan sayurpun tidak bisa distok banyak sekaligus karena tidak tahan lama. Memberi sayur juga mesti hati-hati. Seperti halnya kangkung, karena banyak mengandung getah yang kurang baik bagi pencernaan kelinci, sehingga mesti dicuci dahulu dan agak dikeringkan agar getahnya berkurang. Sayur-sayuran lainnya juga seperti itu, kami cuci terlebih dahulu, karena dikawatirkan sisa pestisida masih menempel pada sayuran, kasihan jika diberikan langsung pada kelinci, takut mengganggu pencernaannya.

Semenjak kami mengenal pelet, alhamdulillah terbantu sekali, tiap hari gak perlu repot cari sayur. Kelinci juga jadi gampang kenyang. Tapi jika kita memberi makan kelinci dengan pelet, jangan lupa beri kelinci air minum yang cukup, karena pelet membuat kelinci cepat haus.

Kelebihan pelet dibandingkan makanan lainnya:

  • Mengandung banyak nutrisi yang sudah diracik pas untuk kebutuhan kelinci, untuk meningkatkan berat badannya dan mempercepat pertumbuhannya, pas juga diberikan pada saat kelinci sakit untuk pemulihan.
  • Tahan sampai berbulan bulan asalkan disimpan di tempat yang kering. 
  

Kalau memberi makan kelinci gunakan tempat yang berat ya..karena kalau tempat makannya ringan, gampang tumpah, kelinci terkadang suka menginjak tempat makannya, apalagi kalau kelincinya banyak, wah bisa rebutan tuh yang akhirnya membuat makanan berhamburan.

Namun sebenarnya pelet kurang cocok bagi anak kelinci di bawah umur dua bulan karena terlalu padat. Bagi anak kelinci bisa diberikan makan wortel atau rerumputan saja. Pelet baiknya tidak diberikan secara terus menerus, namun terkadang diseling dengan makanan lainnya, kecuali bagi kelinci komersil yang sengaja diternakkan (untuk dipotong, diambil daging dan bulunya) tidak mengapa diberi makan pelet saja. Jika hanya dipelihara di rumah baiknya makanannya divariasikan.
 
Sayuran juga tetap penting bagi kelinci karena serat alaminya dibutuhkan oleh kelinci, dapat diberikan 1x dalam 3 porsi makan kelinci sehari. Tapi hijauan yang paling baik bagi kelinci sebenarnya rerumputan, ini adalah makanan aslinya di alam liar. Rumput sehat bagi pertumbuhan gigi kelinci karena perlu dikunyah terlebih dahulu (menjaga gigi tetap tajam), juga mengandung serat yang baik bagi pencernaannya
.
Jadi makanan kelinci kalau bisa kita seimbangkan antara pelet, sayuran, rumput dan umbi-umbian (ubi), seperti kita juga :) kelinci senang dengan variasi makanan dan jajanan (jajanan kelinci adalah buah-buahan seperti apel, pear, pepaya, pisang dan beberapa jenis buah lainnya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar