Minggu, 20 Mei 2012

Berburu Bambu

Awalnya punya ide pengen bikin kandang kelinci dari bambu dan juga buat pagar taman kelinci berbahan bambu suatu saat nanti. Mumpung lagi senggang, iseng-iseng nyari bambu di daerah kilo dimana terkenal masih banyak tanaman bambu.


Segala puji bagi Allah Subhanahu wata'ala, alam Kalimantan ini (salah satunya Balikpapan) rupa-rupanya sangat kaya hutannya, salah satu hasil hutan yang masih berlimpah di sini yaitu bambu. Namun sayang, di Balikpapan masih sedikit yang mau memanfaatkan bambu untuk berbagai keperluan, sebagai suatu produk yang memiliki nilai tinggi. Misalnya saja pagar. Exlusive fence from bamboo? kenapa tidak :)
Ini dia contoh-contohnya :






cantik-cantik bukan? ^^ bagaimana? sudahkan anda terinspirasi untuk memanfaatkan bambu?
Harga bambupun masih cukup terjangkau, sekitar 15 ribuan per batang untuk bambu berukuran cukup besar & tebal (bambu betung kalau tidak salah namanya). Dan bambu untuk ukuran kecil (bambu turus) mungkin bisa didapatkan dengan harga Rp 1000 per batangnya.

Selain bambu, atap dari daun nipahpun banyak tersedia di Balikpapan, cocok dijadikan sebagai atap kandang hewan ataupun gazebo seperti pada gambar, karena atap dari daun menciptakan suatu kesejukan tersendiri..




Tapi seperti tujuan semula, bambu yang kami dapat akan kami buat kandang untuk kelinci baru kami nantinya, jadi harus dipersiapkan dari sekarang-sekarang. Kandang dari bambu lebih hemat jika stok bambu berlimpah di tempat anda, dan juga nyaman bagi kelinci, cocok untuk skala rumahan :



 maupun untuk peternakan kelinci berskala besar seperti ini :



pic from http://toudanowaya.multiply.com

Waah jadi banyak gambar-gambar di sini ya hehe, tapi seperti itulah, dengan melihat maka akan muncul ide-ide kreatif kita. Jadi, selamat menikmati gambar-gambar di sini ya..

Ini dia satu lagi ide yang sangat ingin saya wujudkan, yaitu bamboo house :) dengan segala furniture berbahan bambu juga tentunya..






Tidak ada komentar:

Posting Komentar