Selasa, 29 Mei 2012

Kelurahan Teritip Gelar Pelatihan Ternak Kelinci

BALIKPAPAN– Untuk wilayah Kelurahan Teritip banyak juga usaha ternak kelinci yang sedang dikembangkan. Bahkan untuk memperkenalkan ternak kelinci kepada masyarakat, telah digelar sosialisasi untuk usaha ternak kelinci terutama bagi masyarakat Teritip yang berminat. Seperti halnya yang dilakukan oleh Ketua Asosiasi Peternak Kelinci  Indonesia (Apkin), Asep Sutikna.
Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, Asep berkoordinasi dengan staff Kelurahan Teritip untuk dapat memasang spanduk kegiatan di pelataran halaman kantor kelurahan. Menurut Kasi Pemerintahan Teritip Subli, dalam menindaklanjuti hal tersebut pihak kelurahan sangat mendukung. “Ada juga salah satu pegawai kami yang memang hobi berternak kelinci,” terang Subli kepada Balikpapan Pos pada Senin (21/5).
Sementara staff kelurahan Sophian yang memiliki hobi memelihara kelinci sangat menyambut positif kegiatan pelatihan dalam mengembangkan ternak kelinci. Bahkan dalam kegiatan juga digelar kontes kelinci dan bazar dengan menawarkan olahan daging kelinci.
Memang untuk di Balikpapan belum banyak terdengar aktivitas peternakan kelinci, namun melalui Apkin ingin menginformasikannya kepada masyarakat umum. “Dalam memberikan usaha tambahan yang bermanfaat bagi masyarakat juga, karena banyak juga penggemar kelinci tetapi belum tahu bagaimana cara merawat yang benar hingga menghasilkan bulu-bulu yang lebat dan lucu. Melalui kegiatan ini juga lah kita turut memberikan bimbingan teknik pemeliharaan kelinci,” tegas Asep Sutikna.
Kelinci tidak hanya untuk dipelihara saja dan diternak, akan tetapi daging kelinci dapat diolah untuk dikomsumsi. “Bahkan daging kelinci berkhasiat sebagai obat, karena daging kelinci rasanya tidak kalah dengan daging ayam,” ungkapnya.
Sementara Sophian yang banyak mengoleksi kelinci tapi kebanyakan kelinci peliharaannya hanyalah untuk hobi, bukan untuk berternak. “Habis hewan kelinci bulu-bulunya lucu dan lincah. Adanya kelinci di kediaman saya dapat juga untuk melepas stress,” tandas Sophian.
Asep sangat mengimbau kepada masyarakat pada umumnya untuk dapat mengikuti jejak langkahnya sebagai peternak kelinci. “Karena kegiatan berternak kelinci dapat memberikan kontribusi yang sangat baik bagi si peternak. Bahkan daging kelinci dapat juga diekspor,” imbaunya.(aji)

sumber www.balikpapanpos.co.id tgl 22 Mei 2012

Semoga info tersebut berguna. Dari berita di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa untuk mencoba mendapatkan pelatihan mengenai kelinci, bisa mencoba bertanya dengan kelurahan Teritip yang sudah mulai mengadakan pelatihan-pelatihan atau mendatangi Dinas Peternakan Balikpapan untuk info-info lain yang mungkin berguna bagi anda pemelihara kelinci. Selain itu, jika ingin mengunjungi beberapa peternak kelinci di Balikpapan, anda dapat mencoba berjalan-jalan ke daerah Teritip dimana ada beberapa peternak yang sudah cukup lama memelihara kelinci.

1 komentar:

  1. ass,, saya Mappakaya dari balikpapan,,
    jika selanjutnya ada pelatihan ternak kelinci saya ingin sekali mengikutinya,,,,sebenarnya saya ingin sekali beternak kelinci tapi saya belum tau caranya,,,,.jadi mohon bantuannya,, ini no saya , 085248564808.

    BalasHapus