Minggu, 20 Mei 2012

Agribisnis, bisnis yang menjanjikan..

Bisnis di bidang agri (pertanian dan peternakan) masih memiliki banyak sekali peluang, terutama di kota kita tercinta Balikpapan.

Kenapa Balikpapan masih cocok untuk bidang agribisnis? karena:
  1. Masih banyak tersedia lahan kosong yang siap dimanfaatkan.
  2. Tanahnya masih cukup subur, cocok untuk pertanian dan perkebunan.
  3. Kondisi daerahnya dengan perpaduan antara perbukitan dan pantai, daerah perbukitan bisa untuk peternakan, sementara daerah dekat pantai bisa dimanfaatkan untuk lahan perikanan.
Pihak-pihak yang terjun dalam bidang agribisnispun masih terbatas, sementara permintaan pasar akan hasilnya masih terbuka luas. Salah satu contohnya, pemeliharaan kelinci pedaging. Anda boleh berkeliling-keliling di kota Balikpapan untuk menemukan peternakan kelinci pedaging, pasti akan sangat sulit ditemukan. Sementara, kebutuhan akan kelinci masih banyak disupport dari luar pulau seperti pulau Jawa. Kenapa tidak kita coba untuk membuka lahan peternakan di sini? Sangat dibutuhkan orang-orang yang cerdas untuk mengelola bisnis ini, sebagian yang ada masih diternakkan secara tradisional. Dengan kemampuan pengelolaan yang cerdas, insyaAllah bisnis ini akan bisa berkembang dengan sukses.


Hampir semua dari kelinci bisa dimanfaatkan, Dari daging, bulu bahkan kotorannya. Daging kelinci adalah daging dengan kandungan yang baik (sehat), rendah lemak, minim kolesterol dan tinggi protein, sangat cocok untuk pengganti daging sapi. Sementara bulu kelinci memiliki nilai tinggi, dari yang kami tahu, pasar luar negeri bisa membeli dengan harga 140-280 ribu perlembarnya, karena kualitas bulunya yang lembut, cocok sebagai bahan dasar pakaian kualitas tinggi. Selain itu, kotorannya akan menjadi pupuk yang menyuburkan tanaman anda.


Jadi, siapkah anda berbisnis kelinci?


Mungkin bagi anda pecinta kelinci (memelihara kelinci sebagai hobi dan kesenangan) akan merasa tidak tega melihat hewan yang lucu ini dipotong untuk dijadikan santapan, kamipun sebenarnya demikian. Namun tidak ada salahnya juga memakan daging kelinci, dagingnya adalah daging yang enak dan halal untuk dimakan (sehingga jualbelinya pun dihalalkan oleh syari'at).

Berani memotong kelinci atau sekedar melihatnya dipotong? ingin memiliki peternakan kelinci pedaging? atau hanya ingin sekedar hobi memelihara kelinci? ingin fokus di kelinci hias? itu semua kembali ke anda :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar