Kamis, 31 Mei 2012

Kenapa kelinci bertengkar?

Aduh,,ada hal aneh beberapa hari ini dengan kinta dan manis, ada apakah gerangan?
Mereka bertengkar ! hiks, padahal sebelumnya rukun-rukun aja lho, malah sering nyantai bareng
Kami mencoba menganalisis, kenapa ya? padahal setahu kami jika jantan dan betina tidak akan bertengkar, malah justru kawin kali hehe.
Jadi agak curiga nih dengan jenis kelamin mereka, apakah benar-benar sepasang jantan betina. Akhirnya kami coba melihat kelamin mereka, dan ternyata kesimpulan sementara sepertinya mereka berdua sama-sama betina, hmm.

Dari yang kami tahu, penyebab kelinci bertengkar diantaranya:
  • Jika pendatang baru dimasukkan ke dalam kandang penghuni lama. Biasanya pendatang akan diserang oleh si 'penunggu' kandang alias penghuni lama. Jadi jangan coba-coba memasukkan kelinci asing ke dalam kandang kelinci lama kita. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah mencuci bersih dahulu kandang yang akan dipakai sehingga bau kelinci lama hilang, dan mereka (kelinci lama dan baru) beranggapan bahwa kandang yang ditempati bersama adalah kandang baru.
  • Jika kelinci lebih kecil dikandangkan bersama dengan kelinci besar. Pastinya kelinci kecil akan ditindas.
  • Jika sesama jantan usia dewasa digabungkan dalam satu kandang.
  • Jika sesama betina dewasa digabungkan, dimana salah satu betina ada yang bersifat 'garang'.
Nah, sepertinya salah satu dari kelinci kami ini ada yang bersifat 'garang;' sehingga timbulah pertengkaran.Berarti kalau benar mereka berdua betina, peternak tempat kami membeli kinta dan manis salah analisis jenis kelamin dong :( wallahua'lam. lagi mau baca-baca lagi tentang cara membedakan jenis kelamin kelinci, biar pada saat beli bisa ngecek sendiri :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar