Kamis, 31 Mei 2012

Cara Menentukan / Membedakan Jenis Kelamin Kelinci Jantan Atau Betina

Pemelihara pemula biasanya susah untuk menentukan atau membedakan jenis kelamin kelinci yang masih anak-anak atau muda/remaja apakah jantan atau betina. Berbeda dengan kelinci dewasa berumur 4 bulan ke atas, dimana kelinci jantan akan mulai memiliki kantong kemih/pelir (testis) yang terlihat di sisi kanan dan kiri kelamin (walau barangkali masih harus dicek langsung di bawah bagian bulu2 yang terkadang tebal). Dan di saat berumur 6 bulan ke atas, maka sudah tak perlu susah-susah lagi melihatnya karena kantong kemih jantan akan dengan mudah terlihat menggantung tanpa perlu mengangkat kelinci, sedangkan hal tersebut tak terlihat pada kelinci betina dewasa.
Untuk membedakan jenis kelamin yang jantan dan betina untuk kelinci anak-anak dan remaja, maka ikuti tips di bawah ini.
  • Angkat kelinci dengan membalikkan badannya sehingga bagian perut di bagian atas (terlihat mata), dengan bagian kepala kelinci mengarah ke arah badan kita sementara bagian ekor menjauh.
  • Satu tangan menopang kelinci di bagian dada, sementara satu tangan yang lain menopang bagian punggung dekat bokong (pinggul).
  • Sandarkan punggung kelinci ke badan kita.
  • Gunakan ibu jari tangan yang digunakan menopang bagian pinggul kelinci untuk menekan ujung pinggiran kelamin kelinci yang paling dekat badannya (ujung yang paling dekat ke arah kita).
  • Perhatian : jangan sampai salah membedakan alat kelamin dan lubang anus kelinci yang letaknya bersebelahan. Alat kelamin kelinci lebih dekat ke bagian perut, sementara anus lebih dekat ke ekor
  • Tekan bagian dekat ujung kelamin tersebut sehingga ada bagian kelamin yang menyembul keluar.
  • Jika bagian yang menyembul keluar berupa lingkaran utuh dan sejajar ketinggiannya maka artinya jenis kelamin kelincinya adalah jantan.
  • Jika yang menyembul keluar bukanlah lingkaran utuh yang sama tinggi (bagian ujung yang dekat ke perutnya lebih tinggi dibandingkan dengan bagian ujung kelamin yang mendekati anus), maka kelinci tersebut berjenis kelamin betina.
  • Jika anda bingung apakah sama tinggi atau tidak yang menyembul keluar, maka bisa anda lihat dari samping, sejajar dengan mata anda untuk memastikan.
  • Jika masih bingung dan tak yakin, maka ambil beberapa ekor kelinci untuk membandingkan, maka akan anda lihat secara stabil 2 pola berbeda yang menyembul di bagian kelamin setelah ditekan, dimana yang satu menyembul tinggi ke atas dengan ketinggian hampir sejajar berupa lingkaran (jantan); sedangkan yang pola yang lain hanya separuhnya yang meninggi atau menyembul keluar, tidak langsung kentara menyembul tinggi utuh berupa lingkaran utuh sejajar yakni betina.
sumber www.horizonwatcher.blogdetik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar