Rabu, 20 Juni 2012

Mengobati kelinci patah tulang

Hiks..hari ini si mut mut kenapa ya tiba-tiba tulang kaki depan sebelah kirinya patah?? Apa kakinya nyangkut di antara alas bambu terus dipaksa ditariknya, atau adakah yang salah mengangkatnya? Kasian jadinya, alhamdulillah tidak terlalu mengganggu aktifitasnya saat berlari dan nafsu makannya juga masih baik. Tapi tetep aja bingung, diapain ya? pasti sakit,,apa dibawa ke dokter hewan? kebayang kan biayanya :(

Cari-cari referensi obat alami, katanya jahe dan kecubung bisa untuk membalur patah tulang agar cepat pulih. Tapi bingung cari kecubung dimana yah? Mungkin mau coba baluran jahe aja.
Yang pasti bisa dilakukan sekarang cuma mengistirahatkan si mut mut agar tidak banyak bergerak dan membalut kakinya seperti membalut patah tulang pada manusia juga, dengan pengeras dan kain kasa balut.
Semoga si mut mut bisa segera pulih...



Browsing-browsing akhirnya nemu artikel ini :


Lumpuh adalah salah satu penyakit yang bisa terjadi pada kelinci. Terjadinya lumpuh dapat terjadi secara tiba-tiba.Pagi kelinci nampak sehat siangnya kelinci sudah lumpuh mendadak.
Biasanya lumpuh terjadi pada kelinci yang berusia 2 sampai 3 bln dan kelinci yang baru melahirkan.Penyebab pasti belum begitu jelas namun dari beberapa  literarur penyebab lumpuh bisa diakibatkan oleh bakteri  atau penyebab lain seperti :

-kelinci tersebut kurang minum
-kurang calsium

- terjadi gangguan syaraf

-memakan rumput yang mengandung air embun pagi

- terjadi sembelit

- stress yang berlebihan

- Kaki kejepit alas kandang.

Untuk mempercepat proses penyembuhan, bisa dilakukan teraphy sbb:
1) Beri kehangatan kandang dengan lampu pijar 5  atau 10 watt . Sediakan/beri air minum,beri madu untuk energinya karena biasanya kelinci kurang nafsu makan ( saya biasa memberi asupan susu SGM low lactosa 10 ml yg dibuat secara kental), Pemberian vitamin B12 atau B complex sangat membantu selama masa  penyembuhan.

2) Cara ke dua (optional) adalah parut jahe lalu balurkan ke kaki kelinci, tetapi cara ini belum pernah saya lakukan hanya referensi beberapa peternak di Bandung yg melakukan teraphy seperti ini.

 3) Untuk membantu dan mempercepat proses penyembuhan adalah dengan meningkatkan stamina selain pemberian madu di atas dapat juga diberi juice Buavita rasa apel .

Pengobatan kelinci lumpuh ini hanya berdasarkan pengalaman saya sehingga belum teruji secara emphiris medis,  tetapi Alhamdulillah bisa menyelamatkan banyak kelinci di farm saya.
 
dikutip dari kelinci-wongkito.blogspot.com

22 komentar:

  1. selamat pagi,
    artikelnya menarik...
    saya punya kelinci yang berumur 1 bulan an kira2..
    tapi kedua kaki belakangnya tidak bergerak akibat di serang oleh kelinci dewasa di rumah..
    sekarang dia berjalan dengan menyeret kaki belakangnya tsb..
    yang mau di tanyakan apakah dengan cara diatas bisa membantu kaki nya normal kembali kah...?
    karna saya sedih melihat kelinci yang masih sangat kecil berjalan seperti itu..
    terima kasih...

    BalasHapus
  2. saya juga punya kelinci, dia kira-kira 2 bulanan...
    dia loncat dari tempat tinggi, trus kesandung panci, kaki belakangnya dua-duanya patah....
    trus aku kasih parutanjahe+kuning di balur ke kakinya... sama dipake sanggahan di kakinya....
    tapi dianya malah loncat2an terus... kakinya nyampe bengkak.. darahnya juga nambah banyak...
    cara ngobatin yg benernya gimana yaa???

    BalasHapus
  3. kelinci saya telinga nya luka gara2 diserang sama kucing. kakinya juga pincang gitu. selain kedokter hewan, cara nyembuhinnya gimana ya? kelinci saya jadi pendiem gitu. biasanya aktif bgt.

    BalasHapus
  4. halooo, saya punya kelinci umurnya kira 1tahun lebih, udh lama banget kena scabies tadi pagi disuntik kuman , scabiesnya sampe nyerang kekaki kaki nya jd melebar kesamping tp ntah kenapa dia skrg seperti kelinci mati hanya bisa tergeletak gabisa berdiri sama sekali dan gamau makan, mohon bantuannya nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belikan kepromec aja. D campur kan d minuman ny.
      Punya saya juga scabies. Saya kasih kepromec
      Alhamdullah sekarang sudah sembuh

      Hapus
    2. kepromec bukan onat untuk kelumpuhan gan.. jangan gan. itu untuk scabies

      Hapus
  5. halooo, saya punya kelinci umurnya kira 1tahun lebih, udh lama banget kena scabies tadi pagi disuntik kuman , scabiesnya sampe nyerang kekaki kaki nya jd melebar kesamping tp ntah kenapa dia skrg seperti kelinci mati hanya bisa tergeletak gabisa berdiri sama sekali dan gamau makan, mohon bantuannya nya

    BalasHapus
  6. thanks, artikelnya membantu, kelinciku masih 1 bulanan dan biasanya minum air tuh rebutan bareng ama sodara-sodaranya di kandang nggak tau penyebabnya kurang minum atau karena kejepit alas kandang, mungin bisa saya coba... terimakasih ya.

    BalasHapus
  7. Kelinci saya usia 2 bulan baru saja di serang kucing yg ngendap2 masuk, skrg dia terus terbaring...berusaha berdiri tapi gak bisa, tidak ada bekas terkeman kucing sama sekali...tapi dia jadi lumpuh...apa yg harus saya lakukan?

    BalasHapus
  8. Kelinci saya usia 2 bulan baru saja di serang kucing yg ngendap2 masuk, skrg dia terus terbaring...berusaha berdiri tapi gak bisa, tidak ada bekas terkeman kucing sama sekali...tapi dia jadi lumpuh...apa yg harus saya lakukan?

    BalasHapus
  9. Kelinci saya umur 1 bln lebih , skrg kakinya patah gara gara ke injek ,
    Dia kalo jalan di angkat satu kakinya ..
    Trus bagaimana mengobatinya ..
    Tolong di blas ya

    BalasHapus
  10. Haloo saya mau bertanya dan minta bantuannya nih.
    Saya punya anak kelinci masih kecil kemudian diserang oleh kelinci yang dewasa dan kedua belakang kakinya jd tidak tertekuk dan kalau jalan hanya dengan kaki dua didepan dan kaki belakangnya diseret2 itu kenapa dan mohon bantuannya

    BalasHapus
  11. Tadi siang kelinciku yg baru beberapa hari beli sekarang lumpuh tak berdaya dikarenakan digigit kucing dan dibawa lari.. berhasil ketangkap tapi dengan kondisi seperti itu.. bingung mau diapain.. tadi disuapin masih mau makan..akankah ada kemungkinan sembuh..?😢

    BalasHapus
  12. kelinci saya jatuh Karena Lompat Ke Atas meja Ngambil Wortel Setelah Itu Kaki Depannya Pincang Nafsu Makannya Bagus Gimana Cara Ngobatinnya

    BalasHapus
  13. Aku manu nanya....kelinciku baru saja tertabrak mtor ...yang tertabrak kakinya....bagaimana kalau dngan cara pngobatan di atas bisa apa tidak...mohon responnya...terimkakasih

    BalasHapus
  14. Hallo semua saya punya kelinci fuzzy loop baru berusia sekitaran 2 bulan awal mula FL nya senang lompat kesana kemari dengan normal,kemudian beberapa bulan kemudian saya rawat kaki depannya dua²nya kalau jalan kaya gaya orang berenang, apakah dengan cara diatas bisa membantu? Atau dengan cara lain ada yg tau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak,akhirnya tau penyebab kelincinya kenapa begini ga? Saya lagi ngalamin problem yang sama:(

      Hapus
  15. Kira kira makan waktu berapa lama untuk memulihkan kaki kelinci yang patah ..?
    Mohon jawabannya

    BalasHapus
  16. Kelinci saya baru 2 minggu
    Kaki kiri depan patah jadi dia menyeretkan kakinya
    #tolong jawabannya kak kasihan kelinci jalan ngesot

    BalasHapus
  17. Kelinci saya berumur 9 bulan karna kadang bagian bawah nya jebol dia jatuh dan sekarang kaki nya pincang sebelah, tolong di berikan solusi nya agar kelinci saya bisa sembuh

    BalasHapus