Selasa, 04 September 2012

Si manis melahirkan


Sekarang giliran manis yang melahirkan..

Alhamdulillah, anaknya ada 5 ekor. Kali ini juga telat ngasih kotak melahirkan dan sediakan rumput kering *tepok jidad*. Jadilah anaknya tersebar dalam kandang dan satu jatuh lagi ke bawah kandang, qadarullah gak sampai dirubungin semut seperti anaknya kinta saat itu. Terpaksa juga diangkat menggunakan tangan anaknya yang terjatuh untuk dimasukkan ke kotak sarang. Yah, semoga kelima anak manis disusui oleh induknya, sehat dan hidup semua sampai besar..
Jadi pelajaran dari kejadian ini:
  1. Ingat dan kalau bisa dicatat tanggal perkawinannya, jadi tau perkiraan kapan tanggal melahirkannya, biasanya 28-34 hari dari perkawinan. Kalau si manis ini 32 hari pas lahirannya.
  2. Sediakan kotak melahirkan sekitar 3 harian sebelum melahirkan, agar kelinci merasa tenang sudah punya tempat yang aman untuk melahirkan (gak ada kekhawatiran gak bisa menjaga anaknya), sudah mulai bisa mencabuti bulunya dan menyusun rumput kering yang kita berikan untuk persiapan melahirkan.
  3. Sediakan makanan yang mencukupi dan hijauan sebelum dan sesudah melahirkan untuk tambahan nutrisnya, karena kelinci akan banyak makan terutama setelah melahirkan, jangan lupa air minum harus selalu tersedia.
  4. Jangan biarkan kelinci stress selama kehamilan dan pasca melahirkan karena akan berdampak buruk pada anaknya, seperti kanibal (memakan anaknya sendiri), tidak mau menyusui. Biasanya kelinci stress diakibatkan sering dipindah-pindah dan diangkat selama kehamilan dan juga kurangnya makanan dan minuman selama hamil dan setelah melahirkan.
 Tahu gak :
  1. Bukan kita yang menyusun rumput kering di kandangnya, kalau kejadiannya demikian pasti dirombak ulang oleh si kelinci susunan rumput sesuai yang diinginkan si kelinci.
  2. Jangan heran jika kelinci banyak mencabuti bulunya terutama di bagian sekitar perut ke arah kaki, kanan dan kirinya. Tujuannya untuk menghangatkan anak-anaknya. Jadi setelah melahirkan pasti bulunya gundul di bagian perut ke bawah.
  3. Mungkin ketika siang kelinci terlihat tidak peduli pada anaknya (tidak menyusui), tapi sebenarnya kelinci menyusui anaknya pda malam hari.
  4. Kalau tidak terpaksa, jangan menganggu kelinci dan bayi-bayinya dengan memegang anaknya, ini akan mengakibatkan kelinci cemas dan bisa jadi tidak mau menyusui anaknya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar