Rabu, 05 September 2012

Kenapa telinga kelinci patah atau jatuh?


Telinga adalah bagian tubuh yang sangat penting bagi kelinci. Telinga membantu dalam mengatur suhu tubuh dan mendeteksi suara, juga sebagai indikator perasaan yang sedang dirasakan oleh kelinci (komunikasi).
Tau kelinci kami si jojo? Kalau diperhatikan baik-baik terlihat bahwa telinganya jatuh sebelah. Kami membelinya memang sudah dalam kondisi jatuh sebelah. Kira-kira kenapa demikian?


 Ada beberapa hal yang menyebabkan telinga kelinci patah atau jatuh, diantaranya:
  1. Dalam kondisi santai/relax. Saat santai atau tidur-tiduran wajar jika kelinci menjatuhkan kedua telinganya. Kelinci yang sedang bahagia dan kondisi siaga terhadap musuh biasanya menegakkan telinganya.
  2. Genetik. Yaitu kelinci jenis loop yang kedua telinganya memang jatuh.
  3. Usia. Telinga kelinci yang jatuh juga menandakan usianya yang sudah tua. Karena kelemahan dalam tulang rawan dan struktur tulang menyebabkan arthritis.
  4. Kondisi medis. Seperti sedang sakit. Telinga terkulai mengindikasikan adanya penyakit dalam telinga seperti infeksi bakteri. Juga bisa jadi disebabkan hal lain seperti guncangan kencang pada kepala dan kehilangan keseimbangan.
 Informasi bersumber dari www.ehow.com

Jika demikian, berarti kemungkinan penyebab jatuhnya telinga si jojo dikarenakan kondisi medis. Berdasarkan cerita yang kami dapat dari tempat membeli jojo, si jojo memang sempat menempuh perjalanan jauh pada saat pengirimannya dari pulau Jawa ke sini (Balikpapan, Kalimantan). Beberapa waktu setelah datang kondisi telinganya menjadi demikian. Mungkin jojo mengalami guncangan di perjalanan. Sampai saat ini kami belum tahu bagaimana cara mengobatinya.Jika ada yang paham bisa informasikan kepada kami..

41 komentar:

  1. Balasan
    1. sabar dan telaten sampe hbs umurnya mudah2n bs berdiri lg.

      Hapus
  2. iya kolok..pengobatanya gimana..?

    BalasHapus
  3. Dari pengalaman sy penyebabnya yg paling besar adalah stress akibat predator atau gangguan lain yg mana kelinci sensitif dengan bunyi2an nyaring seperti suara kendaraan atau anak2 dll. Ada jg krn pengaruh pakan ug mengandung jenos protein dari sumber tertentu tp kecil kemungkinannya asalkan kebutuhan hijauan pada kelinci terpenuhi. Semoga bermamfaat. Kunjungi peternakan kami Akraf Kelinci KM.39 Samboja

    BalasHapus
  4. Saya berdoa semoga kelinci and,Jojo akan cepat sembuh.

    BalasHapus
  5. Saya berdoa semoga kelinci and,Jojo akan cepat sembuh.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Saya punya kelinci yg sudah tua di rumah, ketika membeli pertama telingnya tebal di pangkalnya dan terkulai kira kira knpa ya gan ??

    BalasHapus
  8. Kelinci ku si honey juga seperti itu, saya membelinya 3 bulan yang lalu. Awalnya sehat2 saja tapi sebulan yg lalu tiba2 telinganya miring sebelah kaya jojo sampai sekarang.

    BalasHapus
  9. Saya mau tanya, kelinci saya kemarin digigit tikus dekat matanya sehingga telinganya jatuh sebelah. Kemudian saya bawa ke dokter setelah ditangani diberikan obat minum dan salep. Keesokan harinya telinganya yg jatuh tersebut semakin layu dan ada kerak. Bagaimana penanganannya ya? Terimakasih

    BalasHapus
  10. ea. kelinci ku juga gitu. aq gk tau knp awalnya baik. pas aq mau keluarin kelinci eh tiba2 kelinci ku putih hitam hidungnya sobek. besoknya lagi yg putih coklat telinganya jatuh 1 seblah kanan trus beberapa hari kmudian yg putih hitam juga jatuh telinganya sebelah kanan
    gmn ya??

    BalasHapus
  11. Kelinci saya juga mengalami hal yang serupa yaitu telinga sebelah kirinya jatuh sedangkan telinga kanannya normal. 2 hari yang lalu saya membeli kelinci saya dari malang dan di bawa ke surabaya menggunakan motor, tiba2 setelah sampai tujuan telinga kelinci saya sudah jatuh sebelah. apakah penyebab nya? dan bagaimana cara memulihkannya? Teri makasih, Salam.

    BalasHapus
  12. Kelinci anggora saya juga jatuh sebelah kana.gmna cara pengobatan nya ya?

    BalasHapus
  13. Aku juga seperti itu kelinciku bernama lilo.entah knapa tiba tiba telinga sebelah kanannya layu dan terjatuh..pengen di periksa tapi gak adak dokternya.gimana gan solusi pengobatanbya..awalnya lucu jadi gak lucu gara2 telinganya turun sebelah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bang... kelinci saya juga jatuh sebelah kiri telinganya dan usianya kira2 baru sebulan... kenapa ya ?? Jadi khawatir berat...

      Hapus
    2. biasanya karna stress, mungkin suhu kandangnya trlalu panas

      Hapus
  14. Kelinci anggora saya juga seperti itu... Pas saya taro dlm rumah penerangan saya kurangi.. Tiba tiba normal kembali.. Klo ada orang turun lagi.. Klo sepi naek lagi.. Mungkin ga suka keramaian.. Jadi nya males naikin kuping sebelah... Atau emang ga suka ada orang...

    BalasHapus
  15. Si bambang telinganya turun dua duanya knapa yaaa dan cara mngatasinya gmn ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelincinya jenis loop bukan Mas?

      Hapus
    2. Kenapa yah kelinci saya jenis fg telinganya jatuh semua yah ? Tolong kasih tau dong cara ngatasinnya ?

      Hapus
  16. Kelinci sy jg si asep dan udi telinga nya turun sebelah

    BalasHapus
  17. Kelinci saya masih bayi tiba tiba kupingnya jatuh

    BalasHapus
  18. ICHI kelinci saya juga turun sebelah. . Kelinci saya jenis loop. .

    BalasHapus
  19. Mau tanya nih, kelinci sya telinganya jatuh sebelah sy pegang ky patah gitu , itu kelinci telinganya bener patah apa tidak yah, kira2 telinganya bisa normal lg gx yak 😭😭😭
    tolong bantu solisinya ya 😢😭😭😭😭

    BalasHapus
  20. Mau tanya nih, kelinci sya telinganya jatuh sebelah sy pegang ky patah gitu , itu kelinci telinganya bener patah apa tidak yah, kira2 telinganya bisa normal lg gx yak 😭😭😭
    tolong bantu solisinya ya 😢😭😭😭😭

    BalasHapus
  21. Kuping kelinci anggoraku dua2nya jatuh ke kiri, itu wajar enggak ya? :'(

    BalasHapus
  22. Sama...kelinci saya jg telinganya jatuh sebelah...aduhh knp ya...??

    BalasHapus
  23. Tolong mohon infonya kelinci sy.. hbis diserang kucing tdi pagi.. ujung bawah telinganya sobek.. jdi berdiri sebelah harus tindakan seperti aoa yh? Apakah berbahaya?

    BalasHapus
  24. udh 2 hari ini telinga kelinci saya juga jatuh sebelah ... 😔 gimana solusinya???

    BalasHapus
  25. Biasanya blum tentu sakit, karna lagi relax, fokus dgn 1 pendengaran. .

    BalasHapus
  26. kuping kelinciku sebelah kiri juga jatuh,apa solusiny

    BalasHapus
  27. Percuma pada nanya. Gak dijawab satupun sama yg punya.

    BalasHapus
  28. aku baca tapi gak solusinya.

    BalasHapus
  29. Kelinci saya, Kevin, juga begitu, telinga kanannya jatuh.
    Permasalahan kita semua sama, tapi belum menemukan jawabannya.

    BalasHapus
  30. Lee org nanya malah gk dijawab

    BalasHapus
  31. Helloo adakah yg berkenan jwb semua prtanyaan di atas, 🙃

    BalasHapus
  32. Sy jg baru mau nanya kenapa turun sbelah tlinganya cuma pd nanya doang yg jawab gak ada hemmm

    BalasHapus